TELAH DIBUKA PENDAFTARAN MURID BARU TAHUN AJARAN 2011/2012

KB & TK ISLAM TERPADU Kembali pendaftaran murid baru tahun ajaran 2011/2012 dengan fasilitas:

1. Ruang Kelas AC
2. Halaman outdoor luas + 500 m
3. Gedung 2 lantai
4. Ruang Perpustakaan
5. Ruang Aula
6. Ruang UKS
7. Alat permainan indoor dan outdoor
8. Kurikulum Diknas diintegrasi dengan muatan keislaman
9. Ekskul : renang, lukis, tari, taekwondo, bahasa inggris, Drumband
ALAMAT: KENCANA LOKA BLOK J1 NO. 5 SEKTOR 12.3 BSD
Telepon (021) 75874102

12 April 2011

KARYA WISATA SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN LANGSUNG




Dalam menunjang keberhasilan penciptaan proses dan pencapaian hasil belajar yang diharapkan sumber-sumber pembelajaran (learning resource) di taman kanak-kanak sangat penting.  Pemahaman guru secara utuh mengenai pentingnya sumber belajar merupakan salah satu aspek yang harus menjadi perhatian guru di taman kanak-kanak. Guru TK sebagai pelaku pendidikan yang secara langsung dengan anak yang sangat penting memahaminya. Karena guru yang tidak faham betul dengan sumber belajar dan media pendidikan akan membuat guru terebut terjebak sendiri dalam kegiatan rutin yang tidak mengacu kepada kebutuhan anak dan bahkan akan menciptakan pembelajaran yang membosankan bagi anak disebabkan karena dari hari-kehari tetap sama proses pembelajarannya tanpa adanya kegiatan yang menantang atau menarik.


Pada prinsipnya bahan-bahan ajar yang dipandang cocok bagi anak TK adalah yang sederhana, konkret sesuai denan dunia kehidupan anak, terkait dengan situasi pengalaman langsung, atraktif dan berwarna. Mengundang rasa ingin tahu anak, bermanfaat dan terkait dengan kegiatan-kegiatan bermain anak. Aggani Sudoso (1995) mengartikan sumber belajar adalah segala macam yang dapat di gunakan untuk memberikan informasi maupun berbagai keterampilan kepada murid maupun guru. Sedangkan Anna Suhaenah (1998). Mengatakan bahwa sumber belajar adalah manusia, bahan, kejadian, peristiwa, setting, teknis yang membangun kondisi yang memberikan kemudahan bagi anak didik untuk belajar memperoleh pengetahuan keterampilan dan sikap.


Pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran anak TK tentunya di dasar atas kemanfaatan sumber-sumber belajar tersebut bagi terselenggaranya kegiatan pembelajaran anak secara efektif. Diantaranya dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih kongkret langsung. Anak dalam jenjang TK berada pada fase berfikir kongkret artinya anak seusia TK belum mampu berfikir diluar batas kemampuan pancainderanya (secara abstrak). Pemberian pengalaman belajar yang nyata/kongkret akan lebih bermakna dalam proses belajar anak, menambah wawasan dan pengalaman anak. Misalnya untuk menambah wawasan dan pengalaman anak mengenai kehidupan ikan di air, guru tidak hanya menjelaskan secara lisan, tapi guru bisa menggunakan sumber belajar yang lain misalnya mengajak anak-anak mengamati pada aquarium. Memberikan informasi yang akurat dan terbaru. Misalkan informasi yang di dapatkan anak melalui buku bacaan/majalah untuk anak, majalah yang terbit tiap minggu tentunya menyajikan informasi yang selalu baru dan ini sangat menguntungkan karena mendapatkan informasi atau pengetahuan yang baru pengetahuan atau pengalaman baru yang didapat anak tentunya akan meningkatkan minat belajar anak untuk senantiasa melek informasi, dengan demikian unsur pembiasaan juga merupakan manfaat sumber belajar. meningkatkan motivasi belajar anakdan mengembangkan kemampuan berfikir anak secara lebih kritis dan positif.

Hal itulah yang juga dilaksanakan oleh KBIT/TKIT AR RAIHAN dalam memberikan pembelajaran bagi anak didiknya. Melakukan pembelajaran secara langsung merupakan hal mutlak yang harus ada dalam kurikulum pembelajarannya.

Para siswa TK yang berjumlah lebih dari 100 orang ini diajak berkeliling di taman burung yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah, tempat dimana aneka jenis burung ada disana.

Tentu saja anak-anak didik sangat senang gembira dapat menyaksikan secara langsung dari dekat aneka burung yang selama ini hanya mereka lihat dari buku-buku  dan televisi. Dari jenis buruk merak sampai burung kasuari sungguh sangat memikat hati saat melihat secara langsung.

Selesai? ternyata belum, anak-anak kembali diajak melihat pengetahuan lainnya, kali ini menyaksikan kehidupan bawah laut melalui film documentary "The Living Sea" dengan keanekaragam hayatinya yang mereka saksikan melalui Anjungan "Keong Emas"

Sebelumnya anak-anak TK ini juga pernah  dibawa ke sebuah kebun dekat area sekolah. Disana mereka diajak untuk mengamati berbagai pohonan. Misalnya pohon pisang dan singkong, bagaimana bentuk dan pertumbuhannya serta juga anak-anak diajarkan pula dalam mencabut pohon singkong yang sudah masak.

Luar biasaa ... (did)

1 komentar:

Bunda Lia mengatakan...

Salam Kenal,Semoga Hal yang mengasyikkan dan bermanfaat ini terus dilakukan.Sama juga seperti Temen2x KEcil kami pun juga banyak yang melakukan hal yang sama,tentu sangat menyenangkan.Selain itu banyak juga agenda untuk mengunjungi selain tempat wisata mis:kantor telkom,stasiun radio,dll agar bisa belajar dan bermain dari kunjungan itu...

Salam Dari Sahabat Di Jawa Timur

Tk Islam Terpadu Arraihan

Buat Lencana Anda